Keka, 16 September 2025 – Siswa kelas IV (empat) SDI Keka pada Selasa pagi mengikuti presentasi aplikasi mobile edukasi hewan yang dibawakan oleh Natalia Triastuti, mahasiswa Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA).

(Ket Gmbr: Anak-anak SDI Keka berfoto bersama usai mengikuti presentasi aplikasi edukasi hewan dengan gamifikasi)
Kegiatan ini merupakan bagian dari penelitian tugas akhir (skripsi) yang sedang dijalankan Natalia di sekolah tersebut sejak 8 September hingga 15 September 2025. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai media belajar, tetapi juga memanfaatkan prinsip gamifikasi, yaitu menghadirkan unsur permainan dalam proses pembelajaran sehingga anak-anak belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.
Melalui fitur interaktif, siswa dapat mengenal berbagai jenis hewan sambil bermain kuis sederhana, mengumpulkan poin, hingga membuka level baru. Cara ini membuat anak-anak lebih aktif, fokus, dan termotivasi untuk terus belajar.
BACA JUGA: SDI Keka Raih Juara Lomba Senam Anak Indonesia Hebat di O2SN Satar Mese
Selama kegiatan berlangsung, siswa didampingi oleh bapak dan ibu guru. Anak-anak tampak antusias memperhatikan penjelasan dan melihat fitur-fitur aplikasi. Guru-guru pun menyambut positif kegiatan ini karena dapat menambah variasi pembelajaran sekaligus memperkenalkan penggunaan teknologi digital di ruang kelas.
Kepala sekolah menyampaikan apresiasi serta dukungan penuh terhadap penelitian ini. “Sekolah sangat mendukung pengembangan teknologi gamifikasi dalam penyampaian materi di kelas. Inovasi seperti ini penting untuk mendorong semangat belajar siswa sekaligus memperkaya metode pembelajaran,” ujarnya.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya semakin bersemangat belajar, tetapi juga terbuka terhadap cara-cara baru dalam memahami materi. Sementara itu, pengalaman ini menjadi bekal berharga bagi peneliti maupun sekolah dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif dan bermakna di masa depan.
Penulis: PYN
Comments
Post a Comment