Skip to main content

PERANCANGAN APLIKASI AR JELMA

Saya menulis ini, ketika ada tugas dari salah satu mata kuliah untuk merancang sebuah aplikasi Augmented Reality. 

Latar Belakang Aplikasi

Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang harus dimanfaatkan untuk pembangunan kepariwisataan sebagai bagian dari pembangunan nasional. Indonesia memiliki banyak objek wisata yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Tujuan akhir dari pembangunan kepariwisataan yaitu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat guna untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan pembangunan nasional.

Manggarai merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Manggarai ini berdekatan dengan daerah pariwisata super premium yaitu Labuan Bajo. Mengutip dari detik.com sepanjang Januari-November 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo sebanyak 158.817 wisatawan. Sebenarnya, Manggarai juga memiliki banyak objek wisata yang harus dikunjungi dan tak kalah menarik dari Labuan Bajo. Untuk berkembangnya pariwisata di daerah ini tentunya harus didukung dengan promosi pariwisata yang baik. Saat ini, promosi pariwisata tidak hanya dapat dilakukan dengan konvesional namun dapat juga dengan cara digital.

Penggunaan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi pariwisata di daerah Manggarai sangat perlu untuk diimplementasikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan memberikan pengalaman virtual yang akan memancing minat mereka mengunjungi tujuan wisata yang sebenarnya. Selain itu, melalui aplikasi ini dapat menjadi media promosi yang efektif dan edukatif. Aplikasi AR pariwisata di daerah Manggarai yang saya rancang diberi nama JELMA (Jelajah Manggarai). Dalam aplikasi ini terdapat empat objek wisata yang dapat diimplemetasikan, yaitu Rumah Adat Wae Rebo, Liang Bua, Danau Rana Mese, dan Sawah Lodok.


Perancangan

Pada tahap perancangan design nya saya hanya menyediakan Wisata Rumah Adat Wae Rebo. Untuk objek wisata yang lain dapat disesuaikan dan bisa ditambahkan.

Gambar 1 Halaman pertama perancangan


Gambar 2 Halaman kedua perancangan

Keterangan:

  1. When this happens: kamera aplikasi AR mendeteksi objek wisata
  2.  This will happen: AR menampilkan objek wisata (rumah adat wae rebo) lebih detail
  3. Transition: AR menampilkan dalam bentuk 3D objek rumah adat
  4. Content: Memperlihatkan objek wisata (rumah adat wae rebo)
  5. Interaction: Dapat berinteraksi secara virtual dengan objek wisata (rumah adat wae rebo) dengan cara menggerakan pada bagian rumah adat untuk melihat objek dari setiap sisi.

Cara kerja Aplikasi AR JELMA:

  1. Pengguna dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi AR JELMA
  2. Setelah aplikasi di install, baru dapat digunakan untuk melihat objek wisata yang ada di daerah Manggarai
  3. Pada aplikasi tersedia fitur scan marker terlebih dahulu untuk dapat melihat objek wisata secara virtual. Selain itu, dalam aplikasi ini juga mencantumkan informasi mengenai objek wisata dan peta yang ditampilkan dalam bentuk google maps.
  4. Pengguna dapat melihat beberapa objek wisata yang sudah disediakan di aplikasi secara detail dengan cara menggerakan smartphone.


Tampilan Prototipe

Dibawah ini merupakan hasil perancangan design prototype Aplikasi AR JELMA yang merupakan pengembangan dari perancangan sebelumnya.

Tampilan awal aplikasi ini seperti pada Gambar 3 yang menampilkan logo serta ucapan selamat datang. Pengguna dapat memulai untuk menggunakannya dengan pilih next.

Gambar 3 Tampilan awal

Tampilan halaman utama dapat dilihat seperti pada Gambar 4 yang terdiri dari dua menu utama, yaitu AR Aplikasi dan Informasi.

Gambar 4 Halaman utama

Pengguna dapat menggunakannya dengan mengklik menu AR camera, lalu akan diminta scan marker terlebih dahulu. Scan marker seperti pada Gambar 5.

Gambar 5 Scan marker

Setelah berhasil melakukan scan marker, pengguna dapat melihat secara virtual objek wisata (rumah adat wae rebo). Tampilan virtual ini menampilkan objek 3D seperti pada Gambar 6.

Gambar 6 Tampilan objek wisata virtual

Pada tampilan ini, tersedia dua menu yaitu menu info dan zoom. Menu info untuk melihat informasi mengenai objek wisata. Selain itu, dapat menggerakan smartphone dengan mengklik menu zoom guna melihat objek wisata secara detail. Tampilannya seperti pada Gambar 7.

Gambar 7 Tampilan secara detail

Menampilkan halaman informasi dari objek wisata seperti pada Gambar 8.

Gambar 8 Informasi objek wisata

Pengguna dapat melihat langsung lokasi dari objek wisata dengan mengklik pada menu lihat peta yang akan langsung diarahkan melalui google maps. Tampilan menu lokasi objek wisata dapat dilihat pada Gambar 9.

Gambar 9 Lokasi objek wisata

Aplikasi AR Jelajah Manggarai dapat dijalankan melalui link figma berikut: 
AR JELMA


Terima Kasih.
Salam,

#PYN

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Impian: Dari Kampung ke Panggung Wisuda

Dengan ransel harapan dan mata penuh mimpi, saya berangkat meninggalkan kampung kecil. Jejak ini membentang dari awal perkuliahan hingga wisuda, mengungkapkan perjalanan yang singkat namun penuh makna dari kampung halaman ke panggung kebanggaan. Mari kita telusuri jejak ini yang memimpin dari satu babak ke babak berikut! Langit kampung yang cerah menyambut langkah awal saya, membawa ransel harapan dan cita-cita. Melihat kampung kecil semakin menjauh, hati ini penuh dengan campuran antara rindu dan semangat petualangan. Jejak ini dimulai dari sini, di bawah langit biru yang masih menyimpan impian. Perkuliahan membuka dunia baru yang begitu luas, penuh dengan tantangan dan pelajaran berharga. Setiap mata kuliah, setiap proyek, adalah bahan bakar untuk menyalakan mimpi. Saya belajar, bukan hanya tentang sistem informasi, tetapi juga tentang ketekunan dan semangat untuk terus maju. Beasiswa Pertiwi menjadi penjaga langkah, meski terkadang harus melewati malam tanpa tidur dan ujian yang

Menorehkan Jejak Kebanggaan: Memotivasi dan Menginspirasi Lewat Hasil Proyek Tugas Akhir yang Mengagumkan

Pernahkah Anda merasakan kebanggaan dan kegembiraan yang luar biasa ketika usaha dan kerja keras Anda membuahkan hasil? Hari ini, saya dengan bangga membagikan pengalaman luar biasa saat presentasi proyek Tugas Akhir saya, yang mengagumkan dan menghasilkan kepuasan tak terkira. Tidak bisa saya pungkiri, jantung saya berdebar saat saya berdiri di hadapan dosen pembimbing dan penguji siap untuk membagikan hasil penelitian dan pengembangan yang telah saya lakukan selama berbulan-bulan. Namun, semangat dan keyakinan dalam diri saya muncul dengan kuat, karena saya tahu betapa keras saya bekerja untuk mencapai titik ini. Saat presentasi dimulai, saya dengan penuh percaya diri menyampaikan ide-ide, metodologi, dan temuan yang telah saya peroleh selama proses proyek Tugas Akhir saya. Saya merasa sangat puas melihat reaksi positif dan ketertarikan dari para dosen dan penguji yang mendengarkan presentasi saya dengan seksama. Tanggapan mereka yang memberikan apresiasi atas inovasi dan kontrib

Suatu Kebanggan Besar Atas Dukungan, Kepercayaan, serta Kesempatannya!

Perkenalkan, saya Pakomius Yoko Nowan, berasal dari Manggarai-NTT, dan saya adalah lulusan dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Unika Atma Jaya. Kali ini saya sangat bangga bisa berbicara sebagai salah satu mahasiswa yang pernah menerima Beasiswa Pertiwi Unika Atma Jaya tahun 2019. Saat pertama kali saya mengetahui bahwa saya diterima sebagai penerima Beasiswa Pertiwi, saya merasa seperti menemukan pintu menuju impian pendidikan saya. Beasiswa ini adalah pintu gerbang untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas dan juga menjadi bagian dari komunitas yang luar biasa.  Pada semester awal perkuliahan, saya mengalami tantangan besar saat menghadapi mata kuliah yang sangat sulit. Namun, dengan tekad, dukungan dari teman-teman dan dosen, serta keyakinan dari Beasiswa Pertiwi akhirnya saya berhasil mengatasi kesulitan tersebut dan meraih hasil yang membanggakan.  Beasiswa ini tidak hanya membantu saya secara finansial, tetapi juga memberikan dorongan, harapan serta peluang u